Dana Darurat

Hidup di dunia penuh ketidakpastian. Alloh Tuhan Yang Maha Tahu dan Maha Bijaksanalah yang pasti dan tahu semuanya.

Alloh Ta’ala dalam Al Qur’an, Surat Al Baqoroh (2) : 240, memerintahkan kepada para kepala keluarga, khususnya suami, yang mencari nafkah dan menanggung beban hidup keluarga, agar memiliki dana standby (dana siap pakai, dana darurat) minimal untuk satu ke depan, bilamana ia dipanggil menghadap Alloh Subhanahu Wa Ta’ala.

Dana untuk biaya hidup minimal untuk satu tahun ke depan, bisa dihitung secara sederhana sebagai berikut :

  • Hitung biaya hidup rata-rata per bulan setahun yang lalu.
  • Kalikan dengan 12, agar diperoleh biaya hidup rata-rata satu tahun lalu.

Inilah dana minimal yang harus suami atau kepala keluarga sediakan, untuk biaya hidup istri dan anak-anaknya untuk minimal satu tahun kedepan.

Adapun selengkapnya perintah Alloh Ta’ala tersebut adalah :

QS 2 (Al Baqarah) : 240. Dan orang-orang yang akan meninggal dunia di antara kamu dan meninggalkan isteri, hendaklah berwasiat untuk isteri-isterinya, (yaitu) diberi nafkah hingga setahun lamanya dan tidak disuruh pindah (dari rumahnya). Akan tetapi jika mereka pindah (sendiri), maka tidak ada dosa bagimu (wali atau waris dari yang meninggal) membiarkan mereka berbuat yang ma’ruf terhadap diri mereka. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Perintah Alloh diatas, juga memerintahkan kepada kepala keluarga untuk melakukan :

  1. Berwasiat sebelum meninggal dunia
  2. Menyediakan nafkah untuk istri minimal untuk satu tahun ke depan (dan sudah barang tentu seluruh keluarga yang menjadi tanggung jawabnya)
  3. Menyediakan rumah untuk tempat tinggal

Karena itulah, kepada para kepala keluarga, para suami, para istri, dan anak-anak semua, mari semua ingatkan perintah Alloh Ta’ala di atas, agar jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, semua yang berhak atas biaya hidup sepeninggalnya, tidak perlu bersusah payah atau menangis dengan penuh beban.

Beberapa produk Sun Life Syariah untuk membantu Anda menjalankan perintah diatas, kami jelaskan dalam uraian berikut ini.

Untuk Peserta Kumpulan

Program Sun Life Syariah Dana Darurat adalah suatu bentuk perlindungan kumpulan  yang diperuntukkan kepada ahliwarisnya apabila yang bersangkutan ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian.

Manfaat

  • Bila Peserta ditakdirkan meninggal masa perjanjian, maka ahliwarisnya akan mendapatkan 100% dana santunan dari Sun Life Syariah sesuai dengan jumlah yang direncanakan Peserta.
  • Bila Peserta hidup sampai perjanjian berakhir, maka Peserta akan mendapatkan bagian keuntungan atas Rekening Khusus/Tabarru’ yang ditentukan oleh Sun Life Syariah

Ketentuan

  • Usia masuk maksimal 70 tahun
  • Usia masuk + Masa Perjanjian maksimal 88 tahun
  • Jumlah Peserta minimal 10 orang
  • Manfaat Sun Life Syariah dapat disesuaikan dengan permintaan.
  • Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 125.000,- per orang perbulan

Untuk Peserta Perorangan

Program Sun Life Syariah Dana Darurat adalah suatu bentuk perlindungan perorangan  yang diperuntukkan kepada ahliwarisnya apabila yang bersangkutan ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian.

Manfaat

  • Bila Peserta ditakdirkan meninggal masa perjanjian, maka ahliwarisnya akan mendapatkan 100% dana santunan meninggal dari Asuransi Sun Life Syariah sesuai dengan jumlah yang direncanakan Peserta.
  • Bila Peserta hidup sampai perjanjian berakhir dan tidak ada klaim dan jika ada surplus dana Tabarru’ maka Peserta akan mendapatkan bagi hasil atas keuntungan tersebut yang ditentukan oleh Sun Life Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *