Let’s Wakaf

Let’s Wakaf

Mari bantu saudara  kita melalui wakaf

Mari kita turut serta menjadikan Indonesia menjadi lebih baik melalui akaf. Wakaf dapat membantu pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pendapatan. Dengan berwakaf kita dapat membantu mereka yang kurang beruntung.

Wakaf  Uang  (Wakaf  Tunai)  adalah  wakaf  yang  dilakukan  seseorang, kelompok orang,  lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunal. Termasuk ke dalam pengertian uang adalah surat-surat berharga. Wakaf uang hukumnya boleh. Wakaf uang hanya boleh disalurkan dan digunakan untuk hal-hal yang dibolehkan secara syariah. Nilai pokok Wakaf Uang harus dijamin kelestariannya, tidak boleh dijual, dihibahkan, dan atau diwariskan.

(Sumber: Badan Wakaf Indonesia)

 

Cara berwakaf  melalui  Polis Sun Life Financial  Syariah:

  1. Menggunakan produk Brilliance  Hasanah Sejahtera atau  Brilliance Hasanah Protection Plus, Asuransi Brilliance Amanah, Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus dan produk Sun Life Financial Syariah lainnya, dana yang digunakan untuk wakaf uang adalah Dana Investasi Peserta.
  2. Sun Life Financial Indonesia (Pengelola) akan bekerja sama dengan lembaga wakaf yang diakui oleh Badan Wakaf Indonesia sebagai mitra untuk program wakaf.
  3. Peserta asuransi dapat menentukan secara mandiri kapan waktu melakukan pencairan dana investasi yang terbentuk untuk wakaf, selama Dana Investasi Peserta tersedia.
  4. Besar dana dari unsur  investasi yang ditujukan untuk wakaf pada dasarnya diserahkan kepada Peserta sebagai pemilik dana, namun dihimbau untuk mewakafkan tidak lebih dari 30% dari total Dana Investasi   Peserta dari Polis Asuransi Syariah yang dimilikinya dan telah memiliki Polis atau Manfaat Asuransi lain yang ditujukan untuk keluarga.
  1. Prosedur penarikan Dana Investasi untuk wakaf adalah:

a. Peserta mengisi formulir penarikan dan “Formulir Tambahan untuk Perintah  Transfer Dari Pemilik Polis” yang ditujukan untuk wakaf.

b. Dana Investasi milik Peserta dipindahkan oleh Pengelola ke rekening lembaga wakaf yang bekerjasama dengan Pengelola.

c. Lembaga wakaf mencatat dan melakukan pengelolaan atas  Dana Investasi Peserta untuk tujuan wakaf.

d. Lembaga wakaf melaporkan nominal wakaf sesuai prosedur kepada Peserta asuransi yang melakukan wakaf melalui SMS atau surat.

  1. Apabila Peserta bermaksud menarik dana sebagian untuk wakaf kepada lembaga wakaf yang bukan mitra Pengelola maka Peserta dapat melakukan penarikan dengan mengikuti prosedur penarikan Dana Investasi Peserta yang berlaku di Pengelola. Atas dana penarikan tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab Peserta tanpa ada tuntutan kepada Pengelola.

Lembaga wakaf yang menjadi  mitra wakaf Sun Life Financial Indonesia adalah Dompet Dhuafa Republika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *