Berpesta di Hari Raya

Sahabat,

Mohon maaf baru mengingatkan….

Hari Raya Idul Adha, adalah salah satu dari dua hari raya besar umat Islam untuk berpesta. Semarak pesta boleh dilakukan semeriah mungkin, asalkan sesuai dengan syariat.

Pada hari raya kurban ini, dan tiga hari sesudahnya, atau sering disebut hari tasyrik (hari menjemur daging hingga kering untuk bekal), ibadah yang terbaik adalah berkurban. Sebagian daging kurban untuk dimakan atau diolah sendiri, sebagian lagi dibagikan kepada tetangga, sahabat, dan juga yang lebih penting adalah untuk fakir miskin.

Selamat berpesta sahabat !
Namun jangan lupa, tetaplah sesuai syariat. Makan yang halal, tayyib (baik) dan secukupnya saja !
Ingat, pesan Rasulullah, perut kita, hendaknya tidak sampai kekenyangan, cukuplah sekedar untuk mengisi energi yang dibutuhkan badan.

Jika ingin diisi maksmal, ingatlah !
Sepertiga volume perut itu untuk diisi makanan. Sepertiganya air, dan sepertiganya udara.

Jadi, jangan sampai perut terisi 100% makanan, atau 100% air apalagi 100% udara !

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Beliau bersabda :

‘Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas’ (HR At-Tirmidzi , di-shahih-kan oleh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah 2265)

This entry was posted in Sharing and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>