BPHTB

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

BPHTB adalah pungutan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan. Perolehan hak atas tanah dan atau bangunan adalah perbuatan atau peristiwa hukum yang mengakibatkan diperolehnya hak atas dan atau bangunan oleh orang pribadi atau badan.

Hak atas tanah adalah hak atas tanah termasuk hak pengelolaan, berserta bangunan di atasnya sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, Undang-undang Nomor 16 tentang Rumah Susun dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lainnya.

Dasar pengenaan atas bea perolehan hak atas tanah dan bangunan dari nilai perolehan obyek pajak dengan besaran tarif sebesar 5% dari nilai perolehan obyek pajak.

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan penduduk, dan masih banyaknya masyarakat yang belum memahami UU di atas, semakin banyak orang yang tidak bisa hidup lebih baik karena tidak memiliki dana minimal 5% dan biaya-biaya lainnya, yang hampir 10% dari obyek yang harus diolahnya. Meskipun, obyek tersebut merupakan obyek warisan dari orang tua atau keluarga.

Contoh :
Karena kebutuhan hidup, Bp. A harus menjual sebagian tanah, yang diwariskan dari  ayahnya, yang mana ayahnya dapat dari kakeknya. Ayahnya saat ini tidak memiliki cukup dana untuk membaliknamakan seluruh warisan yang diterimanya kepada anak-anaknya. Demikian pula anak-anaknya. Sementara itu, harga semakin membumbung tinggi, pembelipun tidak sanggup jika proses itu dibebankan kepadanya. Dan banyak permasalahan lain yang sering terjadi di dalam permasalahan tanah, bangunan dan obyek lainnya yang memiliki kesulitan proses karena permasalahan pendanaan.

Takaful, membantu merencanakan pengadaan dana untuk pembiayaan untuk itu semua.
Sehingga ahli waris atau orang-orang tercinta yang berhak memiliki dan memanfaatkan obyek pajak tersebut.

Ada yang ingin disampaikan, berbagi pengalaman, berbagi informasi, pertanyaan dan lainnya tentang BPHTB atau produk diatas, silakan hubungi : halo.takaful@gmail.com
Atau telpon di 021-2870-3834, 021-9833 8943.

This entry was posted in Asuransi Warisan, Produk and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>